Cara Membuat Minyak Kemiri

Posted on

Kedua, kita mulai menghaluskan biji kemiri dengan cara diblender. Bila sudah, tambahkan sedikit air kemudian peras menggunakan kain saring. Persis ketika kita mau bikin santan. Setelahnya, letakkan dalam wadah tertutup dan tidak tembus cahaya, simpan selama 24 jam.

Ketiga, goreng hasil saringan dalam wajan panas hingga keluar minyak kemiri. Bila sudah, pisahkan antara air dan minyak kemiri yang telah tersaring.

Selesai, kamu sudah bisa memanfaatkan hasil pembuatan minyak kemiri ini.

2. Menggunakan metode bakar

Metode yang berikutnya adalah metode bakar. Metode ini jauh lebih sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama. Minyak kemiri yang dihasilkan berwarna hitam, efek dari pembakaran.

Baca Juga > >  Jenis Shampoo Kutu Rambut yang Ampuh dan Cocok untuk Anak-Anak

Cara membuat minyak kemiri menggunakan metode bakar, yakni menyiapkan alat dan bahan. Bahan biji kemiri dan air secukupnya. Alatnya berupa blender dan alat pembakar.

Langkahnya, kamu bisa langsung membakarnya di dalam alat yang telah disediakan hingga muncul bau gosong. Gosong ini menunjukkan biji kemiri benar-benar terbakar sempurna.

Bila sudah, haluskan biji kemiri yang terbakar menggunakan alat blender. Nanti akan muncul minyak kemiri dari hasil penghalusan ini.