Ketahui! Cara Menghilangkan Kutu Rambut Kemaluan Beserta Penyebabnya

Posted on

Meskipun kebanyakan penyebab datangnya kutu ini adalah melalui hubungan seksual, namun tidak menutup kemungkinan melalui kontak tidak langsung. Seperti menggunakan handuk, sprei, ataupun pakaian secara bergantian dengan orang yang sudah terjangkit.

Kutu ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Bahkan kutu yang dewasa pun hanya berukuran sekitar 2 mm. Berbeda dengan kutu rambut kepala yang relatif masih bisa dilihat dengan mata telanjang. Namun untuk kutu yang satu ini harus menggunakan mikroskop agar terlihat lebih jelas.

Dengan warna coklat, merah atau keabu–abuan membuat kutu ini cukup mencolok. Ia juga memiliki dua capit pada bagian depan yang berguna untuk mencengkram rambut ketika sedang menghisap darah.

Apabila kutu rambut kepala (pediculus humanus capitis) dapat melompat untuk berpindah tempat, namun untuk kutu rambut kemaluan (pthirus pubis) tidak memiliki kemampuan tersebut dan hanya bisa merambat dari satu tempat ke tempat lain.

Kutu kemaluan hanya bisa bertahan hidup selama 1 hingga 2 hari tanpa makanan. Dan juga ia hanya bisa hidup dengan menjadikan manusia sebagai inangnya, tidak hewan maupun tumbuhan. Kutu betina akan mengeluarkan telur yang bewarna cokelat pucat, dan dibutuhkan waktu 6-10 hari untuk menetas.

Kenali Gejala Kutu Rambut Kemaluan Berikut Ini

Apabila anda terjangkit kutu kemaluan, ada beberapa gejala yang akan timbul setelah beberapa minggu kutu tersebut mendiami daerah intim anda. Berikut diantaranya adalah :

  • Gatal yang berlebih pada area yang dihinggapi kutu.
  • Terdapat seperti bintik–bitntik hitam atau serbuk hitam pada pakaian dalam.
  • Terdapat juga titik darah yang ada pada kulit maupun pakaian dalam.
  • Ditemukannya titik warna biru pada bagian kulit yang dihinggapinya, seperti pada daerah paha ataupun perut bagian bawah. Titik tersebut adalah bekas gigitan kutu.
  • Peradangan ataupun iritasi pada daerah yang terinfeksi akibat dari garukan.

Itulah beberapa gejala yang ditimbulkan akibat adanya kutu kemaluan. Apabila anda mendapati gejala tersebut pada diri anda, sebaiknya anda mulai waspada dan lebih berhati–hati.

Obat Kutu Rambut Kemaluan yang Tepat

Untuk penyembuhan atau cara menghilangkan kutu kemaluan adalah dengan menggunakan krip, losion ataupun sampo anti parasit. Tentunya penggunaan tersebut harus sesuai dengan anjuran dokter.

2 thoughts on “Ketahui! Cara Menghilangkan Kutu Rambut Kemaluan Beserta Penyebabnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *