Cara Membuat Minyak Kemiri

Posted on

Setelah banyak orang tau salah satu manfaat minyak kemiri adalah untuk menebalkan rambut, banyak sekali yang cari tau gimana cara membuat minyak kemiri sendiri di rumah. Karena tidak banyak produsen yang menawarkan produk jadi minyak kemiri. Apalagi khusus untuk merawat rambut.

Kalaupun ada, harganya tergolong mahal dan membuat kita berpikir dua kali buat membelinya. Mumpung bahannya mudah didapat, kenapa tidak bikin sendiri? Begitu ucap kita untuk menghemat pengeluaran, bukan? Hehehe. Selain berhemat, kita juga jadi lebih paham tentang bagaimana merawat rambut menggunakan bahan-bahan alami.

Minyak kemiri yang biasa dijadikan bumbu-bumbu dapur ini ternyata menyimpan sejumlah manfaat untuk rambut. Kandungan polyphenol dan falvonoida mampu merangsang pertumbuhan rambut secara intens. Tentu bagus agar rambut tebal dan sehat.

Baca Juga > >  Peditox Obat Kutu Rambut Terampuh, Murah, Aman dan Tanpa Efek Samping

Penasaran, gimana tahap-tahap dalam cara membuat minyak kemiri? Ikuti petunjuk mudahnya yuk di bawah ini!

Cara Membuat Minyak Kemiri untuk Perawatan Rambut

Cara Membuat Minyak Kemiri

1. Menggunakan metode perasan

Metode ini memungkinkan hasil minyak kemiri yang jauh lebih bening dan bersih. Dibandingkan metode lain seperti bakar atau sangrai. Hanya saja, metode ini membutuhkan waktu yang lebih lama, lebih dari sehari. Dan, jumlah minyak yang dihasilkan juga lebih sedikit ketimbang metode bakar atau sangrai.

Baca Juga > >  Begini Siklus Hidup Kutu Rambut dan Masa Hidupnya di Kepala Manusia

Kamu boleh memilih metode yang mana. Jika memang tertarik menggunakan metode perasan, langkah-langkahnya cukup mudah kok.

Pertama-tama, tentu kamu harus menyiapkan alat dan bahannya terlebih dulu. Alat-alatnya terdiri atas: blender, kain saring, wajan, kompor, wadah bersih untuk menampung minyak. Bahannya tentu biji kemiri dan air secukupnya.

Kedua, kita mulai menghaluskan biji kemiri dengan cara diblender. Bila sudah, tambahkan sedikit air kemudian peras menggunakan kain saring. Persis ketika kita mau bikin santan. Setelahnya, letakkan dalam wadah tertutup dan tidak tembus cahaya, simpan selama 24 jam.

Baca Juga > >  Jenis Shampoo Kutu Rambut yang Ampuh dan Cocok untuk Anak-Anak

Ketiga, goreng hasil saringan dalam wajan panas hingga keluar minyak kemiri. Bila sudah, pisahkan antara air dan minyak kemiri yang telah tersaring.

Selesai, kamu sudah bisa memanfaatkan hasil pembuatan minyak kemiri ini.

2. Menggunakan metode bakar

Metode yang berikutnya adalah metode bakar. Metode ini jauh lebih sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama. Minyak kemiri yang dihasilkan berwarna hitam, efek dari pembakaran.