8 Penyebab Kutu Rambut Bersarang di Kepala Anda, Jangan Disepelekan!

Posted on
  • Sisir Yang Sama

Selain tertular secara langsung, ada juga penyebab kutu rambut secara tidak langsung yakni lewat sisir. Bila anda memiliki anak yang sudah terjangkit kutu di rambutnya, sebaiknya anda pisahkan sisir yang digunakannya dengan sisir yang digunakan anggota keluarga yang lain.

Walaupun memang seperti dikucilkan, namun itu adalah cara terbaik untuk mencegah kutu tersebut menular ke anggota yang lain. Terkadang ketika penderita kutu rembut sedang menyisir, banyak telur kutu yang tertinggal di sisir. Maka dari itu penyebaran kutu rambut bisa terjadi hanya lewat sebuah sisir.

  • Handuk Yang Sama

Kita pasti sering mengeringkan rambut dengan handuk. Bahkan terkadang para perempuan menggunakan handuk untuk menggulung rambut mereka. Lewat situlah kutu rambut bisa berpindah ke rambut anda.

Bukan hanya sisir yang menjadi penyebab kutu rambut berpindah dari seseorang, namun handuk juga bisa menjadi penyebabnya. Sama seperti saran diatas, bila salah satu keluarga anda memiliki kutu dirambutnya, sebaiknya sediakanlah handuk tersendiri untuknya dan jangan biarkan orang lain menggunakan handuk miliknya.

  • Helm Yang Sama
Baca Juga > >  Waspada! 8 Bahaya Kutu Rambut di Kepala ini Cukup Mengerikan Lho!

Media tidak langsung yang ketiga adalah helm. Bagi anda yang memiliki anak sudah cukup dewasa dan terjangkit kutu rambut, jelaskanlah secara baik–baik kalau helm yang dia gunakan bisa jadi penyalur kutu rambut bagi seluruh keluarga.

Saran terbaik adalah memiliki helm pribadi yang hanya digunakan oleh si penderita. Dan suruhlah anak anda yang memiliki kutu rambut tersebut untuk sering mencuci helm miliknya tersebut dan menjemurnya di bawah terik matahari ketika panas. Karena kutu rambut tidak bisa hidup dibawah panasnya sinar matahari.

  • Penutup Kepala Tidak Pernah Ganti
Baca Juga > >  5 Tips Mengenal Jenis Rambut Baik Pria dan Wanita

Penyebab adanya kutu rambut di kepala yang terakhir adalah menggunakan penutup kepala dalam jangka waktu yang lama tidak pernah ganti ataupun dicuci. Dengan tidak pernah dicuci dan selalu dipakai maka akan timbul kotoran di penutup kepala tersebut.

Penutup kepala disini contohnya adalah topi, kerudung, dan lain lain yang biasanya digunakan untuk menutup kepala. Cucilah penutup kepala anda secara sering dan teratur untuk menghindari bersarangnya kutu di penutup kepala kita tersebut.

Jangan lupa! Baca juga artikel: Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami.

Dengan begini kita telah berada pada akhir artikel tentang beberapa penyebab kutu rambut yang ada dikepala. Jangan menganggap remeh parasit ini, kalau anda biarkan, maka bisa jadi anda terjangit penyakit yang namanya pediculosis kapiti, yakni penyakit gatal–gatal di kepala. Dan parahnya ketika anda berlebihan menggaruk kepala anda, bisa jadi terinfeksi kuman.

2 thoughts on “8 Penyebab Kutu Rambut Bersarang di Kepala Anda, Jangan Disepelekan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *