8 Penyebab Kutu Rambut Bersarang di Kepala Anda, Jangan Disepelekan!

Posted on

Kutu rambut merupakan parasit yang hinggap kebanyakan adalah di kepala manusia. Walaupun keberadaannya sangat kecil, namun gatal yang disebabkan darinya dengan cara menghisap darah di kepala seseorang akan mengganggu ketika beraktivitas. Maka dari itu kita perlu mengetahui penyebab kutu rambut yang timbul dikepala agar kita bisa menghindarinya.

Pada umumnya, kutu rambut yang ada pada manusia memiliki ukuran 1-4 mm. Dimana ia memiliki kaki yang cukup panjang dan warna tubuhnya adalah hitam kecoklatan. Serangga dari ordo anoplura ini pun memiliki capit depan yang digunakan untuk memegang erat-erat batang pangkal rambut. Selain itu, ketika ia menghisap darah kepala manusia, ia mengeluarkan air liur yang lengket dan berakibat gatal pada kepala.

Asal mula kutu rambut berasal dari telur, dimana telur tersebut membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 10 hari untuk menetas. Telur kutu tersebut berasal dari kutu rambut betina atau yang bisa disebut dengan nits. Nits ini dapat bertelur sebanyak kurang lebih 10 telur hanya dalam waktu 24 jam. Biasanya kutu rambut betina ini akan mengeluarkan telurnya pada malam hari.

Hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 hari hingga kutu tersebut berkembang menjadi dewasa dan menghisap darah di kulit kepala. Maka dari itu, dibutuhkan penanganan yang cepat bagi penderita kutu rambut. Salah satunya adalah mengenali gejala dan penyebabnya sehingga kita bisa menghindarinya. Jadi, ketika kulit gatal-gatal itu oleh air liur dari kutu rambut yang berkembang di kulit kepala. Dari asal usul kutu rambut tersebut, semoga kita bisa mencegah hadirnya kutu rambut tersebut di kepala kita.

Baca Juga > >  Cara Mudah Menghilangkan Uban Menggunakan Kulit Kentang

Ini dia beberapa penyebab kutu rambut hinggap di kepala.

Beberapa Penyebab Kutu Rambut Ada di Kepala Kita

8 Penyebab Kutu Rambut Bersarang di Kepala Anda, Jangan Disepelekan!
8 Penyebab Kutu Rambut Bersarang di Kepala Anda, Jangan Disepelekan!
  • Kamar Tidak Bersih

Alasan yang pertama adalah kamar pribadi yang kita gunakan tidak terjaga kebersihannya. Sebagai contohnya adalah sarung bantal ataupun sarung guling kita yang tidak pernah kita bersihkan atau jarang sekali kita bersihkan.

Kita bisa menjemurnya ketika terik matahari. Hal tersebut dilakukan agar kutu dan juga kuman yang menempel pada sarung bantal dan sarung guling kita pergi dan tidak menempel disana. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan barang–barang pribadi milik kita yang ada dikamar.

Selain itu kita juga harus menjaga kebersihan dari sprei dan juga korden. Salah satu caranya adalah dengan menggantinya secara berkala. Misal saja kita bisa mengganti sprei sekitar 2 minggu sekali agar kutu tidak dapat menempel pada sprei kita. Hal ini juga dapat memicu penyebab kutu rambut pada anak.

  • Rambut Tidak Higienis
Baca Juga > >  5 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Rambut Bayi

Penyebab yang kedua adalah penyebab yang sering terjadi, yakni rambut tidak higienis dan bersih. Seperti yang kita ketahui bersama, parasit ataupun serangga seperti kutu ini menyukai tempat yang tidak terlalu bersih. Jadi bila rambut anda tidak pernah anda rawat, kemungkinan besar akan kedatangan kutu rambut.

Anda harus menjaga kebersihan rambut anda dengan menggunakan shampoo secara berkala. Hal tersebut karena didalam shampoo yang kita gunakan ada bahan kimia tertentu yang membersihkan kotoran dan itu sama saja kita menyingkirkan rumah bagi si kutu tersebut.

Dan jangan lupa bilas secara bersih dan menyeluruh ketika selesai menggunakan shampoo. Kalau tidak, bahan kimia yang tertinggal di rambut kepala kita justru akan menempel dan menjadi kotoran. Dan justru akan menjadi penyebab kutu rambut bersarang di kepala kita.

Rekomendasi:

Baca Juga > >  5 Tips Cara Cepat Menebalkan Rambut Tipis

2 thoughts on “8 Penyebab Kutu Rambut Bersarang di Kepala Anda, Jangan Disepelekan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *