Waspada! 8 Bahaya Kutu Rambut di Kepala ini Cukup Mengerikan Lho!

Diposting pada

Bagi para penderita kutu rambut tentu saja keberadaan parasit ini akan mengganggu aktifitas dan juga menimbulkan beberapa penyakit lain. Maka dari itu dibutuhkan penanganan cepat terhadap kutu rambut. Bisa mengatasinya dengan cara alami atau menggunakan obat khusus kutu rambut. Karena memang bahaya kutu rambut bermacam–macam mulai dari infeksi sampai korengan.

Meskipun zaman sudah sangat maju, namun perkembangan kutu masih belum berhenti. Mengingat pada zaman modern nan bersih seperti ini seharusnya sudah tidak ada kutu berkeliaran. Memang karena kebanyakan orang yang terkena kutu rambut adalah orang zaman dulu saat masih masa perjuangan kemerdekaan.

Namun kenyataannya masih ada banyak orang khususnya anak–anak yang terkena penyakit kutu rambut. Kemungkinan besar penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak bersih dan pemukiman yang cukup tidak terjaga.

Sebagai manusia yang berpendidikan, kita seharusnya mengambil langkah cepat untuk menangani parasit ini. Pasalnya tiap tahun penderita kutu rambut tidak menurun dan kemungkinan justru naik. Maka dari itu pahamilah bahaya kutu rambut berikut ini agar anda dengan sadar membasmi penyakit yang satu ini.

Macam–Macam Bahaya Kutu Rambut di Kepala yang Tidak Diatasi

Bahaya Kutu Rambut di Kepala Manusia
Bahaya Kutu Rambut di Kepala Manusia
  • Pediculosis Kapitis

Penyakit ini juga bisa disebut dengan iritasi kulit. Penyakit Pediculosis Kapitis adalah penyakit gatal–gatal pada kulit kepala karena disebabkan oleh air liur dari kutu rambut. Penyakin inilah yang sangat banyak menyerang penderita kutu rambut.

Awalnya kutu betina mengeluarkan telur. Lalu ketka telur kutu rambut menetas dan menjadi dewasa, maka mereka akan membutuhkan makan. Mereka makan dengan cara menghisap darah di kulit kepala manusia. Selagi mereka makan, mereka mengeluarkan air liur yang menempel pada kulit kepala dan inilah yang menyebabkan gatal ketika memiliki kutu di rambut.

Bukan hanya air liur yang dikeluarkan, karena si kutu juga mengeluarkan bersamaan dengan kotoran. Hal tersebutlah yang menyebabkan terkadang rambut kepala kita menjadi bau. Ada baiknya bila kita mengkeramasi rambut kita secara sering dan teratur minimal 2 hari sekali agar terhindar dari bahaya kutu rambut yang mengerikan ini.

  • Kurang Percaya Diri

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kebanyakan yang terkena kutu rambut adalah anak–anak. Dimana anak–anak masih belum bisa menjaga keberihan dirinya maupun barangnya secara intensif dan higienis.

Mengingat kutu di rambut dapat mengeluarkan air liur dan kotoran yang bisa menyebabkan rambut kotor dan bau, bisa jadi anak kita menjadi bahan ejekan oleh teman–temannya. Bukan hanya ejekan, namun olokan dan bully-an bisa jadi menyerang anak anda.

Dan yang paling parah mungkin saja anak kita dikucilkan dan tidak ada yang mau berteman dengannya. Apabila sudah dalam posisi tersebut, anak kita akan menjadi pendiam dan juga penyendiri. Tentu kita tidak ingin hal tersebut terjadi pada anak kita.

  • Gangguan Tidur

Susah untuk tidur adalah bahaya kutu rambut yang ketiga. Bagaimana tidak susah tidur kalau dikepala anak kita terdapat serangga yang menggigiti kulit kepalanya, menghisap darahnya, dan menyebabkan gatal-gatal.

Kita digigit nyamuk yang tidak selalu datang saja sudah susah tidur, apalagi anak kita yang dikepalanya ada kutu yang menggigitinya dan menyebabkan gatal. Dan bila dibiarkan terus menerus, anak kita akan mengidap insomnia.

Perlu digaris bawahi bahwa kutu rambut lebih banyak beraktifitas ketika malam hari. Termasuk ketika menghisap darah dan ketika kutu betina mengeluarkan telur. Jadi, ketika anak kita terjangkit kutu ini, segera basmi secepatnya agar anak kita dapat tidur pulas tanpa gangguan si kutu.

  • Prestasi Turun

Setelah semalaman anak kita susah tidur gara–gara terganggu aktivitas dari kutu rambut, maka ketika pagi harinya ia pergi ke sekolah tentu saja mengurangi konsentrasi belajarnya. Pasalnya salah satu sebab dari kurang tidur adalah turunnya daya konsentrasi otak.

Lalu apabila anak kita tidak konsentrasi terhadap pelajarannya, maka prestasi dikelasnya-pun akan turun, karena pelajaran yang disampaikan oleh gurunya tidak dapat ia serap dengan baik.

  • Akan Berkembangbiak

Konsekuensi terburuk dari bahaya kutu rambut yang tidak dengan segera diatasi adalah berkembangbiaknya populasi kutu rambut. Pilihan kita membiarkan kutu yang berada di rambut anak kita berarti sama dengan memberikan rumah dan makanan untuk mereka.

Dimana hal tersebut akan menyebabkan bertambah banyaknya kutu rambut. Seperti yang kita ketahui bahwa penularan kutu rambut ini sangatlah mudah, hanya dengan bersentuhan rambut saja sudah bisa terjangkit parasit ini.

Bila kita tidak segera membasmi kutu yang ada pada rambut anak kita, hal tersebut sama saja kita menyebabkan penyakit kutu rambut bagi anak orang lain. Dan itu adalah perbuatan yang merugikan orang lain yang harus dihindari.

  • Eksim (Kulit Kepala Bengkak dan Gatal)

Penyakit yang satu ini jarang dikenal di antara masyarakat. Namun Eksim ini sejenis dan hampir sama dengan koreng ataupun ruam. Dimana ciri–cirinya adalah bengkak, kemerahan dan juga radang. Dan pasa umumnya eksim ini disertai dengan gatal.

Apabila kutu rambut tidak segera diatasi, maka akan membuka peluang besar bagi eksim. Pasalnya ketika menggaruk dan menyebabkan kulit lecet, akan menyebabkan penyakit eksim datang.

  • Impetigo (Penyakit Menular)

Bahaya kutu rambut yang cukup banyak ditakuti oleh masyarakat salah satunya adalah impetigo. Impetigo adalah penyakit infeksi pada kulit manusia. Dimana penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang bernama staphylococcus atau streptococus.

Penyebab datangnya penyakit ini adalah sayatan atau goresan luka pada kulit. Yang mana luka tersebut akan menjadi pintu gerbang datangnya bakteri dan berkembang sehingga dapat mendatangkan infeksi.

Perbedaan dati Eksim dan Impetigo adalah potensi penularannya. Kalau eksim adalah penyakit yang tidak menular, maka impetigo adalah penyakit yang mudah menular. Hanya bersentuhan kulit saja bisa mendatangkan penyakit ini.

Impetigo dibagi dua macam yakni bulosa dan nonbulosa. Untuk impetigo bulosa ditandakan dengan adanya lepuhan kecil pada kulit yang terdapat nanah. Sedangkan pada impetigo nonbulosa hanya terdapat bercah merah pada kulit tersebut.

Apabila anda bertanya mana yang lebih berbahaya, maka impetigo nonbulosa-lah jawabannya. Pasalnya impetigo nonbulosa lebih mudah untuk menular dibanding dengan impetigo bulosa. Demam dan juga membengkaknya kelenjar getah bening mungkin akan datang beserta datangnya impetigo. Jadi kenalilah gejalanya dan waspadalah.

  • Infeksi Pada Kemaluan

Mungkin awalnya kita mengira bahwa kutu hanya ada pada rambut kepala. Namun pada kenyataannya bahaya kutu rambut juga mengincar daerah kemaluan seseorang. Pada umumnya yang mengalami parasit dikemaluan adalah orang dewasa.

Hal tersebut disebabkan karena penyaluran kutu rambut kemaluan lewat hubungan biologis antara laki-laki dengan perempuan. Apabila salah seorang terkena kutu di area kemaluannya maka kemungkinan besar akan menular ke pasangannya bila tidak dengan segera di atasi.

Segera atasi kutu rambutmu di: cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya!

Itu tadi adalah beberapa bahaya kutu rambut yang dibiarkan di kepala dan tidak segera dibasmi. Mengingat begitu banyak bahaya yang ditimbulkan dari parasit yang satu ini, tentu saja pilihan terbaik adalah membasminya dengan atau tanpa bantuan dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *