5+ Tips Perawatan Rambut Rontok Agar Tidak Bertambah Parah

Diposting pada

Bebas Kutu – Banyak orang yang melakukan perawatan rambut rontok di salon hingga mengeluarkan banyak biaya. Padahal, ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk merawat rambut rontok yang lebih alami dan terjangkau.

Seperti yang diketahui bahwa rambut rontok memang sangat mengganggu penampilan. Apalagi jika rambut yang rontok sudah terlalu parah hingga menyebabkan kebotakan. Tentu saja hal ini harus ditangani sesegera mungkin. Cara mengatasi rambut rontok bisa menggunakan produk perawatan rambut rontok yang dijual bebas di pasaran atau menggunakan bahan-bahan alami.

Tapi yang sebenarnya harus kamu perhatikan adalah perawatan rambut sehari-hari. Pasalnya ada banyak sekali kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat membuat rambut rontok mulai dari sering menggunakan hairspray, mewarnai rambut, catok, penggunaan hairdryer dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dibawah ini akan diulas tentang bagaimana cara merawat rambut rontok bahkan yang parah sekalipun secara tepat.

Tips Perawatan Rambut Rontok Agar Tidak Bertambah Parah

Perawatan Rambut Rontok

1. Mencuci Rambut Secara Rutin

Cara merawat rambut rontok yang pertama adalah dengan mencuci rambut dengan rutin. Perlu diketahui bahwa berkeramas dapat membantu rambut kamu agar tidak mudah berminyak ataupun terlalu kering. Keramas pun mampu mengatasi masalah rambut rontok, asalkan kamu berkeramas dengan shampo yang tepat dan cocok dengan jenis rambut.

2. Menyisir Rambut Secara Perlahan

Cara Menyisir Rambut Agar Tidak Mudah Rontok
Diambil dari: okezone.com

Banyak orang yang mengalami rambut rontok karena cara bersisir yang salah. Model sisir juga harus disesuaikan dengan kondisi rambut kamu. Misalkan rambut kamu tebal dan panjang, tentu akan lebih baik jika memakai sisir yang lebih besar dan renggang.

Jarang menyisir rambut juga dapat membuat rambut menjadi kusut dan rontok ketika disisir. Oleh karena itu, kamu harus lebih rutin menyisir rambut secara perlahan. Walaupun perawatan rambut rontok tradisional ini terbilang klasik, nyatanya masih banyak orang yang melewatkannya.

3. Menggunakan Masker Rambut Alami

Dibandingkan dengan memakai produk rambut yang terbuat dari bahan kimia, perawatan rambut rontok secara alami tentunya lebih dianjurkan karena lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Ada banyak sekali bahan alami yang bisa dipakai untuk mengatasi rambut rontok mulai dari cuka sari apel, alpukat, santan, minyak kemiri, minyak esensial dan lain sebagainya. Bahan-bahan alami memang sangat efektif dijadikan sebagai salah satu cara merawat rambut rontok dan berketombe.

Baca: 19+ Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami, Terbukti Ampuh!

4. Memilih Conditioner dan Shampoo yang Tepat

Tips merawat rambut rontok selanjutnya adalah memilih konditioner dan shampoo yang tepat. Karena sebagian besar masalah rambut rontok disebabkan oleh pemakaian shampoo atau konditioner yang tidak cocok dengan rambut. Untuk itu, kamu harus mencoba beberapa produk tersebut yang paling nyaman saat kamu gunakan.

5. Hindari Penggunaan Hairdryer

Plopping Sebagai Alternatif Hairdryer
Diambil dari: beautyheaven.com.au

Cara merawat rambut agar tidak rontok selanjutnya adalah dengan mengurangi atau menghindari penggunaan hairdryer. Karena alat ini dapat menyebabkan rambut rusak, kusam, mudah patah dan rontok. Namun tidak ada salahnya bila kamu sesekali menggunakan alat ini saat benar-benar membutuhkan.

Dengan melakukan 5 perawatan rambut rontok diatas, memiliki rambut cantik dan sehat tentunya akan sangat mudah kamu dapatkan. Setelah mengetahui cara merawat rambut rontok, maka kamu sudah siap beralih ketahap selanjutnya yakni mengatasi rambut rontok tersebut dengan beberapa bahan alami. Simak di post sebelumnya ya!