Ketahui! Cara Menghilangkan Kutu Rambut Kemaluan Beserta Penyebabnya

Diposting pada

Sangat penting dalam menjaga kebersihan dan juga kesehatan bagian organ intim anda, lebih khususnya pada bagian rambut kemaluan. Apabila tidak, maka bisa jadi kutu rambut kemaluan akan hinggap dan akan menimbulkan gatal berlebihan.

Kutu rambut kemaluan atau yang memiliki nama latin pthirus pubis ini adalah parasit yang hidup di luar tubuh inangnya. Umumnya hinggap pada rambut kemaluan manusia, dan ia akan menghisap darah manusia sebagai sumber makanan mereka.

Ketika kutu tersebut menghisap darah manusia, mereka akan meninggalkan air liur, dimana air liur tersebut yang akan menyebabkan gatal pada permukaan kulit. Dan apabila gatal tersebut tidak cepat diatasi maka bisa jadi terkena infeksi.

Ketahui Apa Saja Penyebab Kutu Rambut Kemaluan!

Pada umumnya kutu ini menyerang orang dewasa, pasalnya penyebab dari datangnya organisme ini adalah melakukan hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi, baik menggunakan alat kontrasepsi ataupun tidak.

Maka dari itu, apabila anak-anak terjangkit parasit ini, bisa jadi anak tersebut mengalami pelecehan seksual, dan harus diselidiki lebih lanjut untuk mengetahui kepastiannya.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Kemaluan Beserta Penyebabnya
Cara Menghilangkan Kutu Rambut Kemaluan Beserta Penyebabnya

Meskipun kebanyakan penyebab datangnya kutu ini adalah melalui hubungan seksual, namun tidak menutup kemungkinan melalui kontak tidak langsung. Seperti menggunakan handuk, sprei, ataupun pakaian secara bergantian dengan orang yang sudah terjangkit.

Kutu ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Bahkan kutu yang dewasa pun hanya berukuran sekitar 2 mm. Berbeda dengan kutu rambut kepala yang relatif masih bisa dilihat dengan mata telanjang. Namun untuk kutu yang satu ini harus menggunakan mikroskop agar terlihat lebih jelas.

Dengan warna coklat, merah atau keabu–abuan membuat kutu ini cukup mencolok. Ia juga memiliki dua capit pada bagian depan yang berguna untuk mencengkram rambut ketika sedang menghisap darah.

Apabila kutu rambut kepala (pediculus humanus capitis) dapat melompat untuk berpindah tempat, namun untuk kutu rambut kemaluan (pthirus pubis) tidak memiliki kemampuan tersebut dan hanya bisa merambat dari satu tempat ke tempat lain.

Kutu kemaluan hanya bisa bertahan hidup selama 1 hingga 2 hari tanpa makanan. Dan juga ia hanya bisa hidup dengan menjadikan manusia sebagai inangnya, tidak hewan maupun tumbuhan. Kutu betina akan mengeluarkan telur yang bewarna cokelat pucat, dan dibutuhkan waktu 6-10 hari untuk menetas.

Kenali Gejala Kutu Rambut Kemaluan Berikut Ini

Apabila anda terjangkit kutu kemaluan, ada beberapa gejala yang akan timbul setelah beberapa minggu kutu tersebut mendiami daerah intim anda. Berikut diantaranya adalah :

  • Gatal yang berlebih pada area yang dihinggapi kutu.
  • Terdapat seperti bintik–bitntik hitam atau serbuk hitam pada pakaian dalam.
  • Terdapat juga titik darah yang ada pada kulit maupun pakaian dalam.
  • Ditemukannya titik warna biru pada bagian kulit yang dihinggapinya, seperti pada daerah paha ataupun perut bagian bawah. Titik tersebut adalah bekas gigitan kutu.
  • Peradangan ataupun iritasi pada daerah yang terinfeksi akibat dari garukan.

Itulah beberapa gejala yang ditimbulkan akibat adanya kutu kemaluan. Apabila anda mendapati gejala tersebut pada diri anda, sebaiknya anda mulai waspada dan lebih berhati–hati.

Obat Kutu Rambut Kemaluan yang Tepat

Untuk penyembuhan atau cara menghilangkan kutu kemaluan adalah dengan menggunakan krip, losion ataupun sampo anti parasit. Tentunya penggunaan tersebut harus sesuai dengan anjuran dokter.

Umumnya insektisida yang digunakan adalah malathion ataupun permetrin. Ada yang berbentuk losion, krip ataupun berbentuk shampoo. Biasanya dibutuhkan pengulangan antara waktu 7 hingga 10 hari agar tubuh bersih dari kutu maupun telurnya.

Perlu diketahui bahwa parasit ini bukan hanya menyerang pada daerah kemaluan, namun juga bisa menyerang pada area dada, perut, ketiak, jenggot, ataupun bulu mata. Dimana pengobatan tiap daerahnya tentu berbeda-beda. Ada baiknya bila anda menemui dokter untuk melakukan konsultasi mengenai keluhan anda.

Apabila anda sudah mencoba sebisa mungkin menggunakan obat untuk membunuh kutu tersebut namun masih belum ada perubahan. Temuilah dokter untuk meminta obat lain yang memiliki dosis yang berbeda ataupun lebih tinggi. Karena terkadang ada kutu rambut kemaluan yang bersifat resisten ataupun kebal terhadap obat yang pernah diberikan.

Selalu perhatikan cara penggunaan obat yang diberikan oleh dokter anda. Waspadai juga pada efek samping yang ditimbulkan obat tersebut seperti iritasi, kemerahan, perih ataupun gatal. Karena sebagian obat yang memiliki bahan dasar alkohol dapat membuat rambut yang dicat ataupun dikeriting menjadi berkeruh.

Begini Cara Mencegahnya!

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah datangnya kutu tersebut. Diantaranya adalah selalu menjaga kebersihan barang pribadi seperti handuk, pakaian, ataupun sprei. Dan jangan menggunakan barang tersebut bergantian, ada baiknya bila anda memiliki handuk pribadi dan juga pakaian pribadi.

Sebaiknya anda tidak berganti–ganti pasangan dalam berhubungan seksual. Hal tersebut untuk menutup kemungkinan datangnya kutu dari orang lain. Apabila pasangan anda terjangkit parasit ini, maka sebaiknya anda hentikan dulu berhubungan seksual dengan pasangan anda selama belum sembuh total dan dinyatakan bersih dari kutu hingga ke telurnya.

Ingin mencoba obat kutu rambut di apotik ini?

Berakhirlah sudah informasi mengenai gejala, obat, penyebab, dan juga pencegahan kutu rambut kemaluan. Selalu jaga kebersihan daerah intim anda, karena kutu hanya menyerang pada daerah kotor dan jarang dibersihkan. Dan untuk anda yang sudah terkena penyakit ini, kami berdoa kepada Allah agar menyembuhkan penyakit anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *