Cara Merawat Rambut Rusak

Diposting pada

Bebas Kutu – Setiap wanita pasti tidak akan bisa meninggalkan kebiasaan styling rambut, seperti menggunakan alat pengering rambut, melakukan proses pelurusan rambut dan sebagainya. Meskipun setiap wanita mengetahui bahaya atau akibat dari terlalu seringnya penggunaan alat styling itu, namun tetap saja sulit untuk bisa meninggalkannya. Maka dari itu, kamu membutuhkan perawatan atau cara merawat rambut rusak yang sesuai untuk rambut kamu.

Berbagai permasalahan rambut rusak sering muncul, terutama akibat terlalu banyak terkena zat-zat kimia dari proses styling rambut. Proses styling rambut seperti smoothing atau rebonding pasti menggunakan zat-zat kimia di dalamnya, belum lagi penggunaan alat-alat yang mengandung panas tinggi, resiko kerusakan pada rambut sudah pasti akan terjadi. Dengan begitu kamu juga membutuhkan cara merawat rambut rusak akibat smoothing atau juga karena rebonding.

Untuk merawat rambut rusak akibat proses styling yang dilakukan ini, kamu bisa menggunakan berbagai cara. Namun, akan lebih baik jika menggunakan bahan-bahan alami. Cara merawat rambut rusak secara alami bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan dan tips berikut.

5 Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Smoothing atau Rebonding

Cara Merawat Rambut Rusak

1. Gunakan Masker Minyak Zaitun

Cara Merawat Rambut Rusak dengan Minyak Zaitun

Manfaat yang diberikan minyak zaitun sudah tidak perlu diragukan lagi, baik untuk kecantikan kulit maupun perawatan rambut. Bahan ini bisa kamu manfaatkan sebagai cara merawat rambut rusak dan kering akibat hairstyling. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan dengan minyak zaitun ini secara rutin dan teratur.

2. Gunakan Masker Lidah Buaya

Cara Merawat Rambut Rusak dengan Lidah Buaya

Rambut rusak akibat terlalu sering penggunaan hairstyling biasanya memiliki ciri-ciri kering. Cara merawat rambut rusak akibat rebonding ini bisa kamu atasi dengan menggunakan gel dari lidah buaya. Gel lidah buaya akan membantu mendinginkan rambut yang terlalu sering terkena panas dari alat rebonding serta membantu mengembalikan nutrisi rambut yang hilang.

3. Gunakan Masker Alpukat

Cara Merawat Rambut Rusak dengan Alpukat

Untuk mengatasi masalah rambut rusak, baik karena penggunaan alat-alat hair styling maupun karena lingkungan, kamu bisa memanfaatkan masker rambut dari buah-buahan. Salah satu buah yang bisa dan ampuh digunakan untuk mengatasi rambut rusak adalah alpukat. Gunakan masker rambut alpukat secara rutin untuk mengembalikan kesehatan rambut kamu.

4. Gunakan Vitamin Rambut

Cara Merawat Rambut dengan Vitamin Rambut

Tips merawat rambut rusak terakhir adalah dengan memberikan vitamin rambut pada rambut kamu yang sering mendapatkan proses styling. Vitamin rambut ini akan membantu rambut kamu mendapatkan kembali vitamin-vitamin rambut yang hilang akibat panas dari alat-alat styling yang digunakan.

5. Kurangi Proses Styling

Proses styling yang banyak menggunakan zat-zat kimia dan alat-alat dengan panas tinggi adalah penyebab utama rambut rusak. Karena itu, untuk menghindari rambut rusak lebih parah, mulailah dengan mengurangi penggunaan alat-alat styling, seperti pengering rambut atau hair dryer. Sebagai gantinya cukup gunakan handuk atau membiarkan rambut hingga kering setelah keramas.

Bagi kamu yang memiliki rambut rusak akibat proses styling tentu membutuhkan perlakuan yang khusus. Hal ini karena rambut yang terlalu banyak mengalami proses styling sudah terkontaminasi oleh zat-zat kimia dan juga terkena panas dari alat-alat styling rambut yang digunakan. Oleh karena itu, dibutuhkan pula treatment yang lebih untuk jenis rambut yang rusak karena ini.

Baca: 23 Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Alami.

Itulah cara merawat rambut rusak yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah. Yang perlu kamu catat adalah kurangi penggunaan produk-produk perawatan yang banyak menggunakan bahan kimia. Usahakan untuk hanya menggunakan bahan-bahan alami serta menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak rambut.