15+ Cara Menumbuhkan Rambut Botak/Rontok dalam Hitunggan Minggu

Diposting pada

Bebas Kutu – Rambut cantik adalah rambut yang lebat, itulah pemikiran banyak orang. Memang, rambut yang lebat akan semakin mempercantik penampilan kamu, tidak hanya bagi perempuan bahkan bagi laki-laki. Namun, sayangnya masalah rambut botak harus menghalangi penampilan idaman kamu. Oleh karena itu, kamu harus segera mencari cara menumbuhkan rambut, terutama rambut yang botak.

Rambut sehat bisa dilihat dari pertumbuhannya yang normal tanpa ada masalah kesehatan yang mengganggu. Namun, gaya hidup yang tidak sehat dan konsumsi makanan yang tidak sehat pula bisa menyebabkan berkurangnya kesehatan rambut sehingga bisa menyebabkan kerontokan dan rambut botak. Para pemilik rambut botak pun berusaha mencari cara menumbuhkan rambut untuk mengatasi rambutnya yang botak.

Rambut botak biasanya disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena masalah kerontokan yang terus menerus. Kerontokan yang terus menerus bisa menyebabkan salah satu bagian kepala mengalami kebotakan karena hilangnya rambut yang menutupi kulit kepala tersebut. Untuk itulah diperlukan cara menumbuhkan rambut, terutama untuk rambut botak, guna mengatasi masalah tersebut.

Cara Menumbuhkan Rambut Botak atau Rontok dengan Cepat dan Alami

Cara Menumbuhkan Rambut
Gambar ilustrasi diambil dari: fashionbeans.com

Masalah rambut botak memang bisa dialami oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Kebotakan bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya karena keturunan dan juga karena masalah rambut yang rontok. Namun, masalah rambut rontok inilah yang paling sering dialami dan terjadi pada setiap orang sehingga berlomba-lomba mencari cara menumbuhkan rambut botak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Santan Kelapa

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Santan Kelapa

Salah satu bagian kepala yang juga sering mengalami kerontokan sehingga menyebabkan botak adalah bagian depan kepala atau jidat. Untuk mengatasi ini kamu bisa menggunakan santan sebagai cara menumbuhkan rambut di jidat. Caranya, cukup balurkan santan pekat yang masih segar ke bagian kepala yang botak lalu tutup dengan handuk hangat selama kurang lebih 30 menit. Setelah selesai, cucilah bagian kepala tersebut dengan air.

2. Kuning Telur

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Kuning Telur
Diambil dari: tribunnews.com

Kandungan protein yang tinggi di dalam kuning telur ternyata juga memiliki manfaat yang tinggi untuk mengembalikan masalah rambut botak karena kerontokan. Kuning telur juga sangat direkomendasikan sebagai cara menumbuhkan rambut botak bagian depan. Cukup kocok bagian kuning telur ayam kampung dan oleskan ke bagian kepala yang botak, terutama di bagian kepala depan.

3. Bawang Merah

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Bawang Merah

Ada lagi bahan yang bisa kamu manfaatkan sebagai bahan untuk menumbuhkan rambut botak, terutama di kepala bagian depan adalah bawang merah. Disini kamu bisa menggunakan bawang merah yang dicampur dengan seledri. Blender kedua bahan tersebut, lalu oleskan secara merata ke seluruh bagian kepala, terutama di bagian jidat yang mengalami kebotakan.

4. Kulit Apel

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Kulit Apel

Kulit apel juga sering dimanfaatkan sebagai cara menumbuhkan rambut di dahi. Caranya adalah dengan menghaluskan kulit apel. Kemudian balurkan kulit apel yang sudah dihaluskan tadi ke bagian kepala, terutama di bagian dahi yang mengalami kerontokan.

5. Madu

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Madu

Gunakan madu sebagai salah satu cara menumbuhkan rambut dengan cepat bahkan dalam hitungan minggu. Kandungan vitamin dan gula di dalam madu terbukti ampuh dalam merangsang pertumbuhan rambut. Cara penerapannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan beberapa sendok madu murni pada bagian kepala sesuai kebutuhan. Lalu setelah didiamkan selama 15 menit, cucilah bagian kepala tersebut dengan air hingga bersih.

6. Minyak Kelapa

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Minyak Kelapa

Bahan pertama yang bisa digunakan sebagai cara menumbuhkan rambut rontok yang bisa menyebabkan kebotakan ialah minyak kelapa. Kandungan di dalam minyak kelapa sudah terbukti bermanfaat untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, bahan satu ini sangat direkomendasikan untuk mengatasi rambut botak yang disebabkan oleh kerontokan. Bahkan beberapa produk perawatan rambut modern juga masih menggunakan bahan minyak kelapa sebagai bahan dasar pembuatnya.

7. Teh Hijau

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang bisa membantu melancarkan peredaran darah ke bagian kepala dan bisa merangsang pertumbuhan rambut. Karena itulah teh hijau juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara menumbuhkan rambut yang mengalami kebotakan.

8. Minyak zaitun

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah terkenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan, tak terkecuali pada rambut. Minyak zaitun ini biasa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan yang digunakan dalam cara menumbuhkan rambut dengan cepat, terutama untuk rambut yang mengalami kebotakan karena rontok.

9. Jeruk Nipis

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Jeruk Nipis

Di dalam jeruk nipis banyak terdapat kandungan Vitamin C yang bermanfaat untuk menutrisi tubuh. Inilah yang bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan rambut yang botak karena rontok. Vitamin C akan membantu merangsang pertumbuhan rambut.

10. Aloe Vera (Lidah Buaya)

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Lidah Buaya

Lidah buaya sudah dikenal sejak jaman dulu sebagai salah satu cara alami menumbuhkan rambut. Gel di dalam lidah buaya terbukti ampuh untuk merangsang pertumbuhan rambut sekaligus menjaga kesehatan rambut. Beberapa produk yang difungsikan untuk mengatasi kebotakan juga banyak yang berbahan dasar dari tanaman ini.

11. Teh Basi

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Teh Basi
Diambil dari: harmonimedia.com

Teh basi ternyata mempunyai kemampuan ajaib untuk mengembalikan kesuburan rambut. Teh basi ini akan membantu menutrisi akar rambut sehingga bisa mengembalikan kesuburan rambut. Belum mengenal teh basi lebih lanjut? Kamu bisa membaca artikel manfaat teh basi di kehidupan sehari-hari. Baca setelah ini ya!

12. Minyak Kemiri

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Minyak Kemiri
Diambil dari: www.khasiat.co.id

Sejak jaman nenek moyang dulu, minyak kemiri sudah dipercaya ampuh sebagai cara menumbuhkan rambut bayi. Khasiat inilah yang juga bisa kamu ambil guna membantu mengatasi masalah kebotakan. Kamu bisa menemukan minyak ini di berbagai toko online, dengan harga murah namun memiliki manfaat yang sangat baik untuk kebutuhan dalam menumbuhkan rambut.

13. Urang Aring

Salah satu bahan yang juga banyak dimanfaatkan dalam produk perawatan rambut adalah urang aring. Urang aring ini bisa juga kamu manfaatkan untuk mengembalikan kesuburan rambut kamu. Tak perlu dijelaskan lagi, karena kamu cukup mengoleskan bahan ini pada bagian kepala yang ingin ditumbuhkan rambutnya.

14. Air Kelapa Hijau

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Air Kelapa Hijau
Diambil dari: viva.co.id

Air kelapa hijau yang biasanya digunakan untuk mengatasi keracunan ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan kesuburan rambut. Bahan ini biasanya banyak digunakan sebagai cara menumbuhkan rambut pria terutama yang mengalami kebotakan.

15. Memijat Kulit Kepala Secara Teratur

Salah satu metode yang juga digunakan sejak dulu untuk menumbuhkan rambut bayi adalah memijat kulit kepala. Cara inilah yang bisa kamu tiru guna mempercepat pertumbuhan rambut dan mengatasi masalah kebotakan. Selain menggunakan bahan-bahan di atas, jika kamu tambahkan dengan memijat kulit kepala secara teratur akan membantu mengatasi kebotakan.

16. [Bonus] Hal yang Harus Kamu Ketahui

Tak hanya dialami oleh pria, wanita pun bisa mengalami kebotakan karena rambut yang terlalu sering rontok. Pada wanita, kebotakan biasanya hanya terjadi pada bagian kulit kepala yang kehilangan nutrisi. Sedangkan pada pria, bagian kepala yang sering mengalami kebotakan adalah bagian depan atau jidat. Bagian ini memang rentan terkena kebotakan karena nutrisinya yang cepat hilang dan juga karena penggunaan bahan-bahan kimia.

Penggunaan bahan-bahan kimia yang berlebih akan membantu mempercepat hilangnya nutrisi pada rambut. Zat-zat kimia itu, layaknya penggunaan zat kimia dalam pertanian, akan mengurangi nutrisi yang menjaga kesehatan rambut. Lama kelamaan nutrisi yang hilang itu akan membuat rambut semakin tidak sehat dan bahkan bisa menyebabkan kebotakan.

Semua cara menumbuhkan rambut yang disebutkan diatas, tentu tidak akan berhasil apabila kamu tidak mengubah gaya hidup. Kurangi penggunaan pewarna rambut, hair dryer dan bahan-bahan kimia serta mengonsumsi makanan yang bernutrisi akan membantu kamu dalam mengatasi masalah rambut rontok dan botak.