Begini Siklus Hidup Kutu Rambut dan Masa Hidupnya di Kepala Manusia

Diposting pada

Kutu rambut termasuk dalam golongan ekstroparasit bagi manusia. Dimana ia membutuhkan manusia sebagai host untuk ditumpanginya. Tanpa host seperti manusia ia akan mati dalam waktu 1 hingga 2 hari. Simak penjelasan lebih lanjut mengenai siklus hidup kutu rambut berikut ini.

Kutu rambut (head lice) memiliki nama ilmiah Pediculus Humanus Capitis. Parasit yang satu ini sudah ada sejak zaman dahulu, tapi masih banyak ditemukan di zaman sekarang ini. Kutu rambut manusia ditemukan kosmopolit atau ditemukan diseluruh dunia.

Parasit ini hidup dengan cara memakan darah dari kulit kepala manusia yang dihinggapinya. Ketika ia menghisap darah, ia akan mengeluarkan air liur dan juga kotoran. Lesi kutu yang diakibatkan dari parasit ini akan memberikan efek yang sangat gatal.

Rasa gatal yang terdapat dalam kepala adalah gejala awal dan tanda bekas garukan akan menjadi tanda khas. Ketika menggaruk secara keras hanya akan menambah peradangan dan akan terkena infeksi sekunder dari bakter. Dimana dari infeksi tersebut akan terbentuk pustel crusta dan akan terjadi proses penanahan.

Jangan khawatir! Ini bisa diatasi dengan: Obat Kutu Rambut Paling Ampuh.

Kutu rambut lebih menyukai rambut yang lembab, kotor dan jarang berkeramas. Untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain ia pun bisa melakukannya dengan mudah dan cepat. Kutu rambut sangat mudah ditularkan baik secara kontak langsung ataupun melewati perantara barang yang sama seperti handuk, sisir, ataupun topi.

Kebanyakan anak-anak yang mudah terkena kutu rambut. Terutama anak perempuan yang memiliki rambut panjang namun tidak berhijab. Ketika bermain bersama teman–temannya tanpa terasa ternyata kutu tersebut pindah dari rambut temannya ke rambut anak perempuan tersebut.

Bukan hanya anak perempuan saja, namun anak–anak yang tinggal di daerah dataran tinggi seperti pegunungan ataupun bukit juga kemungkinan besar terjangkit kutu rambut. Hal tersebut disebabkan karena ketika pagi hari datang, mereka enggan untuk mandi ataupun mencuci rambut mereka karena suasana yang cukup dingin.

Disamping faktor geografis, kesadaran orang tua akan bahaya kutu rambut juga masih rendah. Dimana biasanya di pemukiman yang cukup kumuh, mereka jarang mandi ataupun menjaga kebersihan diri dan lingkungan mereka.

Taxonomi atau Klasifikasi Ilmiah Kutu Rambut

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Artropoda
  • Kelas : Insekta
  • Ordo : Phthriaptera
  • Sub Ordo : Anoplura
  • Famili : Pediculidae
  • Genus : Pediculus
  • Spesies : Pediculus humanus. Capitis

Metamorfosis, Siklus Hidup Kutu Rambut dan Masa Hidupnya

Lingkaran hidup dari kutu rambut termasuk dalam metamorfosis yang tidak sempurna. Dimana dimulai dari telur – nimfa – dewasa.

Siklus Hidup Kutu Rambut di Kepala Manusia
Siklus Hidup Kutu Rambut di Kepala Manusia

Telur

Asal usul kutu rambut berasal dari telur yang berukuran sekitar 0,3–0,8 mm. Telur tersebut akan diletakkan oleh kutu betina yang sudah dewasa pada pangkal rambut dekat dengan kulit kepala. Telur kutu rambut menetas pada kisaran hari ke-6 hingga hari ke-9.

Telur Kutu Rambut
Telur Kutu Rambut

Bentuk dari telur kutu rambut sendiri berbentuk lonjong dan juga memiliki perekat. Dimana akan mudah bagi telur tersebut untuk menempel erat pada pangkal rambut dan juga kulit kepala manusia. Telur adalah awal mula siklus hidup kutu rambut yang ada di kepala manusia.

Nimfa / Nimpa

Nimfa akan lahir setelah telur kutu rambut tersebut menetas. Nimfa terlihat seperti kutu rambut dewasa, hanya saja ukurannya yang relatif lebih kecil. Nimfa akan berubah menjadi kutu dewasa setelah berumur sekitar 1 atau 2 minggu dan telah mengalami 3 kali perbuahan kulit.

Dewasa

Siklus hidup kutu rambut yang terakhir adalah dewasa. Ketika sudah menjadi dewasa, kutu rambut akan berukuran kira–kira sebesar biji wijen. Kutu rambut jantan biasanya relatif lebih kecil dibandingkan dengan yang dewasa betina.

Perkembangbiakan kutu rambut cukup cepat, dimana kutu betina dapat mengeluarkan kurang lebih 8 buah telur setiap harinya. Ketika makannya berkecukupan, kutu rambut akan hidup selama 1 bulan. Dan ketika tanpa makanan, kutu rambut hanya bisa hidup 2 hari.

Bentuk dari kutu rambut dewasa yakni pipih dan lonjong. Dengan memiliki warna putih abu–abu, dan juga kepala ovoid bersudut. Ia memiliki abdomen sebanyak 9 ruas. Sedangkan Thorax dari khitir somennya menjadi satu.

Pada kutu rambut dewasa pun ditemukan sepasang mata disamping lateral, dan juga sepasang antenna yang tidak terlalu panjang dimana antena tersebut terdiri atas 5 ruas dan juga proboscis, alat penusuk yang dapat memendek dan memanjang.

Pada setiap ruas thorax yang telah menyatu, memiliki sepasang kaki yang cukup kuat dimana kaki tersebut terdiri dari 5 buah ruas yang terakhirnya sebuah satu sapit yang lebih menyerupai kait. Berhadapan dngan tonjolan tibia yang berfungsi untuk berpegangan erat pada pangkat rambut.

Alat kelamin dari kutu rambut jantan menyerupai huruf “V”. Dan untuk alat kelamin kutu rambut betina menyerupai huruf “V” yang terbalik. Pada ruas–ruas abdomen yang akhir memiliki lubang kelamin yang ditengahnya bagian dorsal dan juga 2 tonjolan genital.

Berakhirlah informasi mengenai siklus hidup kutu rambut dari telur hingga dewasa. Semoga dengan adanya artikel ini kita menjadi lebih waspada dan lebih peduli untuk membasmi kutu rambut, mengingat perkembangbiakannya sangatlah cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *