8 Penyebab Kutu Rambut Bersarang di Kepala Anda, Jangan Disepelekan!

Diposting pada

Kutu rambut merupakan parasit yang hinggap kebanyakan adalah di kepala manusia. Walaupun keberadaannya sangat kecil, namun gatal yang disebabkan darinya dengan cara menghisap darah di kepala seseorang akan mengganggu ketika beraktivitas. Maka dari itu kita perlu mengetahui penyebab kutu rambut yang timbul dikepala agar kita bisa menghindarinya.

Pada umumnya, kutu rambut yang ada pada manusia memiliki ukuran 1-4 mm. Dimana ia memiliki kaki yang cukup panjang dan warna tubuhnya adalah hitam kecoklatan. Serangga dari ordo anoplura ini pun memiliki capit depan yang digunakan untuk memegang erat-erat batang pangkal rambut. Selain itu, ketika ia menghisap darah kepala manusia, ia mengeluarkan air liur yang lengket dan berakibat gatal pada kepala.

Asal mula kutu rambut berasal dari telur, dimana telur tersebut membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 10 hari untuk menetas. Telur kutu tersebut berasal dari kutu rambut betina atau yang bisa disebut dengan nits. Nits ini dapat bertelur sebanyak kurang lebih 10 telur hanya dalam waktu 24 jam. Biasanya kutu rambut betina ini akan mengeluarkan telurnya pada malam hari.

Hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 hari hingga kutu tersebut berkembang menjadi dewasa dan menghisap darah di kulit kepala. Maka dari itu, dibutuhkan penanganan yang cepat bagi penderita kutu rambut. Salah satunya adalah mengenali gejala dan penyebabnya sehingga kita bisa menghindarinya. Ini dia beberapa penyebab kutu rambut hinggap di kepala.

Beberapa Penyebab Kutu Rambut Ada di Kepala Kita

8 Penyebab Kutu Rambut Bersarang di Kepala Anda, Jangan Disepelekan!
8 Penyebab Kutu Rambut Bersarang di Kepala Anda, Jangan Disepelekan!
  • Kamar Tidak Bersih

Alasan yang pertama adalah kamar pribadi yang kita gunakan tidak terjaga kebersihannya. Sebagai contohnya adalah sarung bantal ataupun sarung guling kita yang tidak pernah kita bersihkan atau jarang sekali kita bersihkan.

Kita bisa menjemurnya ketika terik matahari. Hal tersebut dilakukan agar kutu dan juga kuman yang menempel pada sarung bantal dan sarung guling kita pergi dan tidak menempel disana. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan barang–barang pribadi milik kita yang ada dikamar.

Selain itu kita juga harus menjaga kebersihan dari sprei dan juga korden. Salah satu caranya adalah dengan menggantinya secara berkala. Misal saja kita bisa mengganti sprei sekitar 2 minggu sekali agar kutu tidak dapat menempel pada sprei kita. Hal ini juga dapat memicu penyebab kutu rambut pada anak.

  • Rambut Tidak Higienis

Penyebab yang kedua adalah penyebab yang sering terjadi, yakni rambut tidak higienis dan bersih. Seperti yang kita ketahui bersama, parasit ataupun serangga seperti kutu ini menyukai tempat yang tidak terlalu bersih. Jadi bila rambut anda tidak pernah anda rawat, kemungkinan besar akan kedatangan kutu rambut.

Anda harus menjaga kebersihan rambut anda dengan menggunakan shampoo secara berkala. Hal tersebut karena didalam shampoo yang kita gunakan ada bahan kimia tertentu yang membersihkan kotoran dan itu sama saja kita menyingkirkan rumah bagi si kutu tersebut.

Dan jangan lupa bilas secara bersih dan menyeluruh ketika selesai menggunakan shampoo. Kalau tidak, bahan kimia yang tertinggal di rambut kepala kita justru akan menempel dan menjadi kotoran. Dan justru akan menjadi penyebab kutu rambut bersarang di kepala kita.

  • Shampoo Tidak Cocok

Walaupun memang sedikit yang mengalaminya, tapi bisa juga penyebab kutu rambut yang ada dikepala kita karena shampoo yang kita gunakan tidak cocok. Bahan kimia yang terkandung di setiap shampoo berbeda–beda dan juga beda takaran.

Bisa jadi kulit kepala kita sensitif dan tidak cocok dengan shampoo yang kita pakai. Setiap kulit kepala seseorang memiliki sifat yang berbeda, jadi hanya anda yang bisa menentukan sendiri shampoo mana yang cocok dengan kulit kepala anda.

Sering–seringlah menggunakan sisir yang rapat setelah melakukan keramas menggunakan shampoo. Hal tersebut untuk mendeteksi apakah ada kutu ataupun ketombe di rambut kita atau tidak. Dengan sisir yang rapat, parasit di kepala akan ikut bersama dengan sisir.

  • Kontak Langsung Dengan Penderita

Penyebab kutu rambut yang berikutnya adalah melakukan kontak langsung dengan orang yang telah terkena kutu rambut. Penyebab ini banyak sekali terjadi pada anak–anak. Dimana ketika bermain, anak kita terkena parasit ini, dimana kutu rambut berasal dari temannya yang memang memiliki kutu di rambutnya.

Selain itu anak–anak tidak terlalu menjaga kebersihan dirinya dan juga barangnya. Sebagai orang tua, kitalah yang berkewajiban membuat anak kita dan barang–barangnya selalu dalam keadaan bersih dalam rangka menghindari parasit seperti kutu datang.

  • Sisir Yang Sama

Selain tertular secara langsung, ada juga penyebab kutu rambut secara tidak langsung yakni lewat sisir. Bila anda memiliki anak yang sudah terjangkit kutu di rambutnya, sebaiknya anda pisahkan sisir yang digunakannya dengan sisir yang digunakan anggota keluarga yang lain.

Walaupun memang seperti dikucilkan, namun itu adalah cara terbaik untuk mencegah kutu tersebut menular ke anggota yang lain. Terkadang ketika penderita kutu rembut sedang menyisir, banyak telur kutu yang tertinggal di sisir. Maka dari itu penyebaran kutu rambut bisa terjadi hanya lewat sebuah sisir.

  • Handuk Yang Sama

Kita pasti sering mengeringkan rambut dengan handuk. Bahkan terkadang para perempuan menggunakan handuk untuk menggulung rambut mereka. Lewat situlah kutu rambut bisa berpindah ke rambut anda.

Bukan hanya sisir yang menjadi penyebab kutu rambut berpindah dari seseorang, namun handuk juga bisa menjadi penyebabnya. Sama seperti saran diatas, bila salah satu keluarga anda memiliki kutu dirambutnya, sebaiknya sediakanlah handuk tersendiri untuknya dan jangan biarkan orang lain menggunakan handuk miliknya.

  • Helm Yang Sama

Media tidak langsung yang ketiga adalah helm. Bagi anda yang memiliki anak sudah cukup dewasa dan terjangkit kutu rambut, jelaskanlah secara baik–baik kalau helm yang dia gunakan bisa jadi penyalur kutu rambut bagi seluruh keluarga.

Saran terbaik adalah memiliki helm pribadi yang hanya digunakan oleh si penderita. Dan suruhlah anak anda yang memiliki kutu rambut tersebut untuk sering mencuci helm miliknya tersebut dan menjemurnya di bawah terik matahari ketika panas. Karena kutu rambut tidak bisa hidup dibawah panasnya sinar matahari.

  • Penutup Kepala Tidak Pernah Ganti

Penyebab adanya kutu rambut di kepala yang terakhir adalah menggunakan penutup kepala dalam jangka waktu yang lama tidak pernah ganti ataupun dicuci. Dengan tidak pernah dicuci dan selalu dipakai maka akan timbul kotoran di penutup kepala tersebut.

Penutup kepala disini contohnya adalah topi, kerudung, dan lain lain yang biasanya digunakan untuk menutup kepala. Cucilah penutup kepala anda secara sering dan teratur untuk menghindari bersarangnya kutu di penutup kepala kita tersebut.

Jangan lupa! Baca juga artikel: Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami.

Dengan begini kita telah berada pada akhir artikel tentang beberapa penyebab kutu rambut yang ada dikepala. Jangan menganggap remeh parasit ini, kalau anda biarkan, maka bisa jadi anda terjangit penyakit yang namanya pediculosis kapiti, yakni penyakit gatal–gatal di kepala. Dan parahnya ketika anda berlebihan menggaruk kepala anda, bisa jadi terinfeksi kuman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *